COBIT
adalah singkatan dari Control Objectives for Information and
Related Technology . ini adalah IT Governance Framework , yang memudahkan para manager dari
perusahaan untuk menjebatani jarak antara Control Requirement , masalah teknis
, dan resiko bisnis. COBIT 5 ada karena adanya perkembangan dari COBIT 4.1 yang
menghubungkan Val IT dan RISK IT dari ISACA , ITIL , dan ISO.
COBIT 5 meyiptakan nilai optimal dari IT untuk membantu perusahaan , serta menjaga
keseimbangan , dan juga mengoptimalkan tingkat resiko dan penggunaan sumber
daya . manfaat dari COBIT 5 :
1. Mengelola Informasi dengan kualitas yang tinggi
untuk mendukung keputusan bisnis.
2. Mencapai tujuan strategi dan manfaat bisnis
melalui pemakaian TI secara efektif dan inovatif.
3. Mencapai tingkat operasional yang lebih baik
dengan aplikasi teknologi yang reliable dan efisien.
4. Mengelola resiko terkait TI pada tingkatan
yang dapat diterima.
5. Mengoptimalkan biaya dari layanan dan
teknologi TI.
6. Mendukung kepatuhan pada hukum, peraturan,
perjanjian kontrak, dan kebijakan.
Berikut ini 5 prinsip yang mendasar kan COBIT 5 :
Prinsip 1 : memenuhi keinginan pemangku kepentingan.
Prinsip 2 : mencakup Enteriprise End-to-end
Prinsip 3 : menerapkan single framework yang terpadu
Prinsip 4 : mengaktifkan tata pendekatan yang menyeluruh.
Prinsip 5 : memisahkan tata kelola dari manajemen.
Kerangka COBIT 5 membuat perbedaan yang jelas antara tata
kelola dan manajemen. Kerangka
COBIT 5 menjelaskan tujuh kategori enabler :
1. Prinsip, kebijakan dan kerangka kerja adalah kendaraan
untuk menerjemahkan perilaku yang diinginkan menjadi panduan praktis untuk
sehari-hari manajemen.
2. Proses menggambarkan set terorganisir praktek dan kegiatan
untuk mencapai tujuan tertentu dan menghasilkan set output dalam mendukung
pencapaian keseluruhan TI-tujuan yang terkait.
3. Struktur organisasi adalah pengambilan keputusan kunci
entitas dalam suatu perusahaan.
4. Budaya, etika dan perilaku individu dan perusahaan yang
sangat sering diremehkan sebagai faktor keberhasilan dalam kegiatan tata kelola
dan manajemen.
5. Informasi diperlukan untuk menjaga organisasi berjalan
dengan baik dan diatur, tetapi pada tingkat operasional, informasi sangat
sering produk utama dari perusahaan itu sendiri.
6. Layanan, infrastruktur dan aplikasi meliputi
infrastruktur, teknologi dan aplikasi yang menyediakan perusahaan dengan
pengolahan informasi teknologi dan jasa.
7. Manusia, keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk
berhasil menyelesaikan semua kegiatan, dan untuk membuat keputusan yang benar
dan mengambil tindakan korektif.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar