ITIL
(Infrastructure Technologi Information Library) dikembangkan sejak tahun 1980
an . pada pertengahan tahun 1990 an , ITIL versi 2 sudah mulai dikenali yaitu
Service Delivery dan Service Support.
OGC menerbitkan versi ketiga (ITIL v3) ITIL pada 30 juni 2007 yang
memiliki 5 bagian inti , diantaranya , Service Strategi , Service Design ,
Service Transition , Service Operation , Continual Service Improvement. ITIL v3
ini disajikan dalam bentuk buku , ini biasas disebut Core Guidance Publication.
ITIL ini sendiri merupakan suatu rangkaian konsep dan suatu teknik pengelolaan
Infrastruktur , Pengembangan , serta suatu operasi TI. ITIL biasa nya
diterbitkan dalam bentuk buku .
Kemampuan dari ITIL bagi perusahaan ialah mendukung
hasil bisnis ,
memungkinkan perubahan bisnis ,
Mengelola risiko sejalan dengan kebutuhan bisnis , Mengoptimalkan
pengalaman baik dari customer, selalu berimprovisasi , menunjukan nilai dari
suatu uang. Kali ini saya akan
menjelaskan lebih rinci tentang ITIL yang dirilis pada tahun 2007 yaitu ITIL v3
yang akan saya jelaskan 5 bagian inti nya.
Berdasarkan pada gambar di atas bisa ditarik kesimpulan :
1. Service Strategy
Service strategy ialah bagian yang paling dekat dari inti ITIL ini sendiri. Service
strategy merupakan suatu bagian yang memberikan suatu ‘panduan’ kepada bagian-bagian
yang lainnya.
2. Sevice Design
Antara service Design , Operation , Transition memiliki tingkata yang sama .
namun yang membekannya sesuai namanya , tugas nya ialah men design dan
membangun layanan TI yang kemudian memberikan panduan kepada organisasi TI.
3. Service Transition
Berkemampuan mengubah hasil desain layanan TI menjadi lebih baik. Dan
menyediakan panduan kepada organisasi TI untuk berkembang.
4. Sevice Operation
Tahapan yang mencakup kegiataan operasional harian dan pengelelolaan
layanan-layanan TI.
5. Continual Service Improvement
memberikan panduan penting dalam menyusun serta memelihara kualitas
layanan dari proses desain, transisi dan pengoperasiannya. CSI mengkombinasikan
berbagai prinsip dan metode dari manajemen kualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar